Header Ads

ads header

Breaking News

Peranan Virus | Biologi X

 

Ketika Kalian mendengar  kata virus, yang terlintas  pastilah penyakit, menular dan mematikan. Apalagi semenjak kita berada dalam masa pandemi Covid-19, kata virus menyebabkan ketakutan  pada kita. Begitu pula hasil penyelidikan  Kalian pada  Proyek  tahap  1, Kalian mungkin  menemukan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia, seperti demam berdarah, polio, flu, cacar dan hepatitis. Selain itu virus juga menyebabkan penyakit  pada tumbuhan  seperti mosaik dan tungro,  serta penyakit  pada hewan seperti rabies dan tetelo.

 
Sesungguhnya virus juga bermanfaat untuk kehidupan manusia. Baculovirus adalah virus yang menyerang serangga dan artropoda sehingga dimanfaatkan  sebagai  biopestisida  di  lahan pertanian.   Kemampuannya dalam  melemahkan  inangnya  dimanfaatkan  dalam  pengobatan biologis untuk  melemahkan  atau  membunuh  bakteri,  jamur  atau  protozoa  yang bersifat patogen.
 
Pada  sub  topik  replikasi  virus,  Kalian telah  mempelajari  pada  saat virus menginfeksi sel inang, virus memasukkan asam nukleatnya ke dalam sel  inang.  Kemampuan  ini  dapat  dimanfaatkan dalam  proses  rekayasa genetika pada pembuatan  insulin dan terapi gen. Virus yang disisipi gen penghasil insulin menginfeksi bakteri, sehingga bakteri ini berkembangbiak dan menghasilkan insulin. Sedangkan pada terapi gen, virus dimasukkan gen terapeutik agar virus mengirimkan gen ini pada sel target untuk memulihkan fungsi gen yang rusak.
 
Dalam dunia kesehatan, virus dapat dijadikan sebagai agen anti kanker dan  bahan  pembuat   vaksin. Virus  oncolytic  digunakan   sebagai  agen anti  kanker.  Virus tersebut  selektif  untuk  memilih  sel kanker  sehingga menginfeksi dan merusak sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Pada pembuatan  vaksin, diperlukan virus inaktif atau bagian struktur tertentu pada virus sebagai protein khusus yang akan memacu terbentuknya respon  kekebalan  tubuh  untuk  melawan  suatu penyakit.  Ketika  tubuh terpapar oleh virus yang dilemahkan ini, limfosit akan aktif dan membentuk antibodi untuk mengikat virus agar tidak menginfeksi sel targetnya. Uniknya sistem imun kita akan mengingat virus yang pernah masuk sehingga jika terpapar yang kedua kalinya tubuh akan lebih cepat mengatasi infeksi virus tersebut.

Jika kita membicarakan tentang virus pasti yang terbersit di benak kita adalah virus merupakan penyebab timbulnya penyakit. Padahal tidak semua virus menyebabkan penyakit, beberapa virus justru dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kepentingan manusia. Misalnya untuk terapi gen dan sebagai pembawa gen pengendali pertumbuhan melalui bioteknologi.

1.      Manfaat / Peran Virus yang menguntungkan
Sebagian besar virus memang merugikan karena merupakan parasit intraseluler obligat pada sel hidup. Akan tetapi, ada beberapa virus yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Pembuatan vaksin protein. Selubung virus dapat digunakan sebagai protein khusus yang akan memacu terbentuknya respons kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit.
  2. Digunakan dalam pembuatan rekayasa genetika, misalnya untuk terapi gen.
  3. Pengobatan secara biologis, yaitu dengan melemahkan atau membunuh bakteri, jamur, atau protozoa yang bersifat patogen.
  4. Pembuatan perangkat elektronik. Tim ilmuwan dari John Innes Center di Inggris berhasil menginokulasi partikel virus dan mencampurnya dengan senyawa besi (Fe) untuk membuat kapasitor (alat penyimpan energi listrik).
  5. Pemberantasan hama tanaman. Misalnya Baculovirus yang digunakan untuk biopestisida. Biopestisida ini tidak mencemari lingkungan.
  6. Produksi interferon, yaitu sejenis senyawa yang mampu mencegah replikasi virus di dalam sel induk.
  7. Pembuatan hormon insulin, yaitu dengan mencangkokkan virus penyebab kanker pada gen-gen penghasil insulin dalam tubuh bakteri. Akibatnya, bakteri tersebut dapat berkembang biak dan memproduksi insulin.

 2.      Tujuan Pembiakan Virus

Tujuan dari pembiakan virus adalah sebagai berikut.

a.    Untuk pembuatan vaksin.

b.    Untuk mengetahui ciri-ciri fisik dan kimiawi struktur tubuh virus.

c.     Untuk mengetahui cara penyebaran virus.

d.    Untuk mengetahui masa inkubasi virus serta cara reproduksinya.

e.    Untuk mempelajari perilaku dan cara virus menginfeksi tubuh inang


3. Virus yang menyerang makhluk hidup

Dalam kehidupan , ada jenis virus yang merugikan karena dapat menimbulkan penyakit bagi inangnya (hospes) yang ditumpanginya. Hospes virus dapat meliputi hewan,manusia dan tumbuhan . Apa saja jenis-jenis hewan yang menyerang makhluk hidup?

a. Virus yang menyerang hewan

Hewan dapat terserang oleh beberapajenis virus.Contoh virus yang menyerang hewan,yaitu Paramyxovirus menyerang syarf ternak unggas yang menyebabkan penyakit tetelo (New Castle Paramyxo virus), virus Coxsachie menyerang kuku dan mulut hewan memamah biak yang menyebabkan penyakit Foot and Mouth Disease (FDM), Bovine Papillomavirus menyebabkan penyakit tumor pada sapi,Rhabdovirus menyebabkan penyakit rabies pada anjing dan kera,Rous Sarcoma Virus menyebabkan penyakit tumor pada ayam, serta Orthopoxvirus

b. Virus yang menyerang Manusia

Selain menyerang hewan,virus juga dapat menginfeksi berbagai bagian tubuh manusia. Virus tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Setiap jenis virus dapat menyebar melalui  perantara yang berbeda-beda. Beberapa jenis virus yang dapat menyerang bagian tubuh manusia dapat dilihat dalam tabel berikut.

Tabel 1. Beberapa jenis virus yang menyerang manusia



c. Virus yang Menyerang Tumbuhan 

Virus juga dpat menjadi patogen bagi tanaman, terutama tanaman budidaya.Virus tersebut dapat menyebabkan gagal panen dalam pertanian. Beberapa jenis virus yang menyerang tanaman dapat dilihat dalam tabel 2.2 


4. Pandemi Akibat Infeksi Virus
Pandemi adalah status yang menandakan suatu penyakit telah menjangkiti banyak negara dalam waktu bersamaan. Status pandemi tidak berhubungan dengan jumlah dan tingkat keparahan penyakit karena hanya dilihat dari penyebarannya (geografis). Seperti yang terjadi saat ini, pendemi Covid-19 masih terus berlangsung.

Adapun gejala umum Covid-19 antara lain demam, batuk dan pilek, gangguan pernapasan,sakit tenggorokan serta letih dan lesu.Gejala lebih lanjut dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernapas. Apabila virus SARS-CoV-2 menginfeksi seseorang yang mempunyai riwayat medis sebelumnya seperti penderita diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung dapat berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian.

Seseorang yang terjangkit Covid-19 dapat menularkan kepada orang lain. Covid-19 ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi melalui droplet (tetesan atau partikel air berukuran kecil)
yang dihasilkan ketika seseorang batuk, berbicara, atau bersin. Mengaapa virus SARS-CoV-2 masih terus menyebar hingga saat ini? Hal ini karena karena Virus SARS-CoV-2 mengalami mutasi berkali-kali sehingga menghasilkan varian-varian virus baru. Mutasi virus dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain durasi wabah dan kondisi penyebarannya, sifat alamiah virus, serta perubahan suhu.

a. Durasi wabah dan kondisi penyebarannya

Makin lama durasi wabah,apalagi jika penyebarannya kurang bisa dikendalikan ,makin besar potensi virus untuk bermutasi. Adapun makin banyak virus yang menyebar, makin tinggi potensi terjadinya perubahan baru pada virus SARS-CoV-2.

b. Sifat alamiah Virus

Virus SARS-CoV-2 termasuk kedalam kelompokmvirus RNA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kelompok virus RNA mudah mengalami mutasi. Ketika virus SARS-CoV-2 menginfeksi satu tubuh inang maka RNA-nyaakan melakukan replikasi. Mutasi ini bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan sel inangnya. Mutasi yang terjadi pada virusini dapat menyebabkan berbagai perubahan pada sifat-sifat yang dimiliki virus tersebut.

c. Perubahan suhu

Pada suhu panas virus dapat bermutasi menjadi virus yang lebih tahan panas, sedangkan pada suhu dingin virus dapat bermutasi menjadi virus yang lebih tahan dingin.

Tahukah kamu jika sebelum pandemi Covid-19 pernah terjadi pandemi lain di bumi? Covid-19 ternyata bukan merupakan pandemi akibat infeksi virus pertama kali yang terjadi di bumi. Namun , penyakit Covid-19 ini paling memengaruhi tatanan kehidupan dalam sejarah peradaban manusia. 
Beberapa pandemi yang pernah terjadi pada abad ke -20 hingga abad ke -21sebagai berikut :
a. Pandemi Flu Spanyol
b. Pandemi Flu Asia
c. Pandemi Flu Hongkong
d. Pandemi SARS
e. Pandemi Flu Burung
f. Pandemi Flu Babi


Cakap Literasi
Infeksi virus dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Bebrapa jenis virus yang menyerang makhluk hidup beserta penyakit yang ditimbulkannya Telah kamu pelajari. Namun, masih terdapat banyak virus yang menyerang makhluk hidup selain virus - virus tersebut. Sekarang, Carilah informasi dari berbagai sumber mengenai virus-virus yang menyerang makhluk hidup beserta penyakitnya selain dari yang telah kamu pelajari.Kamu dapat mencari informasi tersebut melalui artikel di internet maupun buku-buku refrensi. Selanjutnya, Buatlah buku katalog sederhana yang berisi informasi tentang Nama virus , makhluk hidup yang diserang, bagian tubuh makhluk hidup yang diserang, dan gejala yang di timbulkan akibat infeksi virus tersebut. Jika memungkinkan kamu dpat menyertakan gambar yang mendukung dalam buku katalogmu. Setelah itu, presentasikan hasil buku katalogmu di depan kelas dan kumpulkan kepada ibu Guru untuk diberi nilai. Hasil katalog ini dapat kamu gunakan sebagai bahan ajar.


Tugas 1
Mengidentifikasi Kasus Infeksi Virus di Lingkungan Sekitar
Covid-19 telah mewabah hampir di seluruh dunia, termasuk indonesia.Selain kasus Covid-19, kemungkinan ada kasus infeksi virus lain yang sedang terjadi ataupun pernah terjadi di suatu daerah. Sekarang, identifikasilah kasus infeksi  virus yang sedang terjadi atau pernah terjadi di derah tempat tinggalmu. Kamu dapat melakukan wawancara dengan tenaga kesehatan di puskesmas terdekat tempat tinggalmu mengenai kasus infeksi virus di daerahmu. Kamu dpat menggali informasi mengenai penyakit akibat virus, cara penyebarannya dan gejala yang di alami penderitanya. Untuk menjaga tubuhmu agar tidak terinfeksi penyakit saat mengunjungi puskesmas, kenakan masker dan cucilah tanganmu menggunakan sabun setelah selesai melakukan kegiatan di puskesmas.
, dan berakhlak mulia
Selanjutnya,buatlah laporan tertulis berdasarkan hasil wawancara yanag telah kamu peroleh. jangan lipa sertakan hasil dokumentasi saat kamu melakukan wawancara dalam laporan tersebut. Setelah itu, bacakan hasil laporanmu di depan kelas menggunakan bahasa yang santun. Mintalah tanggapan dari teman-temanmu terkait hasil presentasi tersebut. Kumpulkan hasil laporanmu kepada Bapak/ibu Guru untuk di beri penilaian 

Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin

Dimensi : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
Elemen  : Akhlak Beragama
Sungguh luar biasa ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Kita harus bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan. Menjaga Pola hidup sehat agar terhindar dari infeksi virus dan menggunakan produk yang memanfaatkan virus secara bijak merupakan wujud syukur atas nikmat-Nya. Selain itu, tuhan telah Menganugerahkan pola pikir ilmiah kepada manusia sehingga manusia mampu mencuptakan produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, perbanyaklah rasa syukur agar Tuhan Allah SWT menambahkan nikmat-Nya kepadamu.






Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar disini